Kaos Tugu Muda Semarang

Kaos Tugu Muda Semarang adalah kaos, tees, shirt, & t-shirt bergambar stailisasi obyek dan atau kata-kata bertema tentang Tugu Muda, tugu peringatan bersejarah ikon Kota Semarang Jawa Tengah.

KKSMG1001Kaos Tugu Muda Semarang berbahan Cotton Combed, yakni katun berbahan serat kapas alami, berserat benang halus, rajutan tipis rapi rata, sehingga saat digunakan terasa lembut, adem di badan, serta optimal menyerap keringat.

Sablon ornamen Kaos Tugu Muda Semarang menggunakan bahan-bahan sablon berkualitas, seperti Rubber / karet, sehingga keunikan gambar tentang Lawang Sewu di kaos kota / city tees Semarang  ini bisa awet / bertahan lama.

Kaos Tugu Muda Semarang tersedia size / ukuran S / kecil, M / sedang, L / besar, XL / extra besar. Tersedia juga Big Size: 3L, 4L,5L, & 6L. Pilihlah ukuran Kaos Tugu Muda Semarang sesuai dengan ukuran badan agar kaos nyaman saat dikenakan.

TUGU MUDA SEMARANG

Tugu Muda Semarang adalah monumen untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Tugu Muda terletak di lokasi terjadinya peristiwa heroik bersejarah tersebut, yakni di pertemuan Jl. Pemuda, Jl. Imam Bonjol, Jl. Dr. Sutomo, dan Jl. Pandanaran dengan Lawang Sewu, Semarang.

Tugu Muda Semarang resmi mulai dibangun pada 10 Nopember 1951. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Boediono. Selesai dibangun, diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Desain Tugu Muda adalah hasil karya kreatif Salim, sedangkan relief pada tugu adalah hasil karya seni seniman Hendro. Tugu Muda terbuat dari batu yang sebagian didatangkan langsung dari Kaliurang dan Paker. Tugu Muda berbentuk seperti lilin, berpenampang segi lima, serta terdiri dari 3 bagian, yakni landasan, badan, dan kepala tugu.

Pada sisi landasan / kaki tugu terdapat rilief dengan 5 buah sangga pilar. Selain berguna sebagai media relief, 5 sangga pilar ini sebagai simbolisasi lambang Pancasila.

Pada setiap sangga pilar tersebut terdapat rilief bernilai narasi berbeda. Berikut detail narasi 5 rilief tersebut:

  1. Relief Hongerodeem: menggambarkan kehidupan rakyat Indonesia di era penjajahan Belanda dan Jepang yang sangat tertindas dan menderita kelaparan, hingga hongerodeem atau penyakit busung lapar merajalela.
  2. Relief Pertempuran: menggambarkan gelora semangat dan keberanian para pemuda Semarang dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia.
  3. Relief Penyerangan: melambangkan perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
  4. Relief Korban: menggambarkan banyak rakyat yang menjadi korban dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.
  5. Relief Kemenangan: menggambarkan hasil perjuangan dan pengorbanan yang telah membasahi bumi kota Semarang.

Di sekelilingTugu Muda dibangun taman nan indah, berornamen air mancur dan lampu-lampu hias berwarna warni, sehingga Tugu Muda juga berfungsi sebagai taman kota yang asri dan elok dipandang mata.

Di taman Tugu Muda sengaja ditanam 5 pohon cemara dengan posisi tegak berjajar, sebagai simbolisasi senjata bambu runcing yang digunakan oleh para patriot bangsa saat Pertempuran Lima Hari di Semarang.

 Oke, semoga bermanfaat. Ayo gunakan kaos kota, cintai kota kita !

bahan-stempel-com-450

, , , , , , , , ,

Outlet KaosKota.com Jl. Dr Wahidin No.50 Rembang Jateng Indonesia, SMS / WA: 081328911155

bikin-stempel-com-450

css.php

Copyright © 2015 - 2017 KaosKota.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X