Kaos RA Kartini

Kaos RA Kartini adalah kaos, tees, shirt, & t-shirt berornamen stailisasi obyek, foto, dan kata-kata bertema tentang sosok dan kiprah perjuangan RA Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia.

KAOS-KARTINI-ySelain berkaitan dengan City Tees / Kaos Kota Jepara, Kaos Kartini masuk ke kategori Kaos Kota Rembang, karena sosok Kartini berelasi historis kuat dengan kota Rembang Jawa Tengah.

Banyak bukti sejarah perjuangan dan kiprah hidup RA Kartini di Rembang. Museum Kartini, Sekolahan Kartini, dan Makam Kartini menjadi bukti nyata yang hingga kini selalu dijaga dan dirawat dengan baik.

Museum Kartini terletak di Jl. Gatot Subroto No. 8, sekitar 100 meter sebelah Timur alun-alun Kota Rembang.

Museum Kartini mengoleksi surat-surat Kartini dalam bentuk tulisan asli. Silsilah keluarga putri Bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang  lahir 21 April 1879 ini juga terpajang informatif. Lukisan, foto-foto, benda-benda yang pernah dibuat, dimiliki, dan digunakan Kartini juga terkoleksi apik.

RA Kartini bersama suami, Bupati Rembang  K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, dulu bertempat tinggal dan mengisi hari-harinya di rumah yang kini menjadi museum ini. Di rumah ini Kartini menuliskan ide-idenya untuk memajukan kaum wanita Indonesia.

Di rumah ini pula Kartini melahirkan putra semata wayang Raden Mas Sulalit. Namun, 4 hari setelah melahirkan RM Sulalit, pada tanggal 17 September 1904, pukul 17.00 WIB, Kartini menghadap Sang Maha Kuasa.

KAOS-KARTINI-xMakam Kartini terdapat di Bulu Rembang. Lokasi makam Kartini terletak sekitar 17,5 Km ke arah Selatan dari Kota Rembang. Di lokasi ini terdapat pula makam suami dan putra satu-satunya RA Kartini, serta makam keluarga Bupati Rembang pada masa kepemimpinan R.M.A.A Djoyodinigrat.

Setelah Kartini wafat,  Mr J.H Abendanon yang waktu itu menjabat Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirim oleh Kartini kepada sahabat-sahabatnya di Eropa.

Abendanon memberi judul buku yang diterbitkan pada tahun 1911 tersebut Door Duisternis tot Licht. Arti harfiahnya Dari Kegelapan Menuju Cahaya. Buku tersebut dicetak hingga lima kali. Pada buku cetakan terakhir terdapat tambahan surat-surat Kartini.

Buku Door Duisternis tot Licht kemudian diterjemahkan oleh berbagai pihak ke berbagai bahasa, seperti bahasa Melayu, Jawa, Sunda, dan Inggris. Adalah Agnes L. Symmers yang pernah menerjemahkan surat-surat Kartini dalam bahasa Inggris.

Pada tahun 1922, Balai Pustaka menerbitkan buku tersebut dalam bahasa Melayu berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran. Buku ini hasil terjemahan oleh Empat Saudara.

Pada tahun 1938 beredar buku Habis Gelap Terbitlah Terang versi sastrawan Pujangga Baru Armijn Pane. Buku berisi 5 bab pembahasan untuk mengungkap perubahan cara berpikir Kartini sepanjang waktu korespondensinya ini, bisa naik cetak hingga sebelas kali,

Buku berisi surat-surat dari seorang perempuan pribumi bernama Kartini ini memikat perhatian masyarakat Belanda. Pemikiran progresif Kartini mulai bisa mengubah opini masyarakat Belanda tentang perempuan pribumi di Jawa.

Banyak tokoh kebangkitan nasional terinspirasi pemikiran Kartini. Salah satunya W.R Soepratman hingga tergerak hati menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini. Kini, lagu ini selalu dinyanyikan oleh para wanita Indonesia setiap tanggal 21 April saat merayakan Hari Kartini.

Oke, ayo gunakan Kaos Kartini, Kaos Khas Rembang. Selain mendapat manfaat estetik artistik, menggunakan Kaos RA Kartini bisa mendapat spirit inspirasi dari pemikiran dan perjuangan hidup RA Kartini dalam memajukan kaum wanita dan bangsanya.

bahan-stempel-com-450

, , , , , , , , , , , , , , ,

Outlet KaosKota.com Jl. Dr Wahidin No.50 Rembang Jateng Indonesia, SMS / WA: 081328911155

bikin-stempel-com-450

css.php

Copyright © 2015 - 2017 KaosKota.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X