Kaos Lawang Sewu

Kaos Lawang Sewu adalah kaos, tees, shirt, & t-shirt bergambar stailisasi obyek dan atau kata-kata bertema tentang ciri khas, karakter unik Lawang Sewu, gedung bersejarah ikon Kota Semarang Jawa Tengah.

KK-LAWANG-SEWU-aKaos Lawang Sewu berbahan Cotton Combed, yakni katun berbahan serat kapas alami, berserat benang halus, rajutan tipis rapi rata, sehingga saat digunakan terasa lembut, adem di badan, serta optimal menyerap keringat.

Sablon ornamen Kaos Lawang Sewu menggunakan bahan – bahan sablon berkualitas, seperti Rubber / karet, sehingga keunikan gambar tentang Lawang Sewu di kaos kota (city tees) Semarang ini bisa awet / bertahan lama.

Kaos Lawang Sewu tersedia size / ukuran S / kecil, M / sedang, L / besar, XL / extra besar. Tersedia juga super Big Size: 3L, 4L,5L, & 6L. Pilihlah ukuran Kaos Lawang Sewu yang sesuai dengan ukuran badan agar kaos nyaman saat dikenakan.

LAWANG SEWU

Lawang Sewu adalah sebutan untuk gedung kuno yang semula bernama Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau Kantor Pusat NIS.  

Gedung berusia lebih dari 111 tahun bercitra mistis horor ini terletak di Jalan Pemuda Semarang, sebelah bundaran Tugu Muda yang dulu disebut Wilhelminaplein.

Gedung berlantai 2 karya duo arsitek Belanda: Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Quendag ini mulai dibangun pada tahun 1904 dan selesai dibangun pada tahun 1907.

Ciri khas unik gedung bergaya arsitektur Belanda ini adalah memiliki banyak pintu. Untuk gampangnya, masyarakat Semarang menyebutnya Lawang Sewu (pintu seribu), meski jumlah riel pintunya tidak ada seribu.

Menurut pemandu wisata yang menemani Kaos Kota.com berkeliling komplek gendung bersejarah ini, jumlah riel kusen pintunya sekitar 425 dengan 980 daun pintu. Angka ini hasil dari menghitung semua pintu dari bagian luar hingga pintu bagian dalam gedung.

Setelah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero, Lawang Sewu kini berfungsi sebagai obyek wisata museum sejarah kereta api.

Fungsi ini terkait erat dengan tujuan awal gedung ini dibangun sebagai solusi menghadapi perkembangan pesat jaringan kereta api saat itu. Sebagai Kantor Pusat NIS, gedung ini berguna untuk mengefisiensikan segala urusan adminitrasi NIS.

Setelah kemerdekaan, gedung ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI), sekarang PT Kereta Api Indonesia.

Gedung ini juga pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

Pada masa perjuangan, gedung ini memiliki catatan sejarah yang tak terlupakan, yaitu saat berlangsung peristiwa pertempuran lima hari,  – 14 Oktober hingga 19 Oktober 1945 – di Semarang.

Gedung ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang.

Atas dasar nilai historis tersebut, maka Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Oke, semoga bermanfaat. Ayo gunakan kaos kota, cintai kota kita !

bahan-stempel-com-450

, , , , , , , , , , , , , ,

Outlet KaosKota.com Jl. Dr Wahidin No.50 Rembang Jateng Indonesia, SMS / WA: 081328911155

bikin-stempel-com-450

css.php

Copyright © 2015 - 2018 KaosKota.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X